Surat 008. Al Anfaal
DOWNLOAD
1.
mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang.
Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul[593], oleh
sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara
sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang
yang beriman."
2.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama
Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya
bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka
bertawakkal.
3.
(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari
rezki yang Kami berikan kepada mereka.
4.
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh
beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat)
yang mulia.
5.
sebagaimana Tuhanmu menyuruhmu pergi dan rumahmu dengan kebenaran[596], Padahal
Sesungguhnya sebagian dari orang-orang yang beriman itu tidak menyukainya,
6.
mereka membantahmu tentang kebenaran sesudah nyata (bahwa mereka pasti menang),
seolah-olah mereka dihalau kepada kematian, sedang mereka melihat (sebab-sebab
kematian itu).
7.
dan (ingatlah), ketika Allah menjanjikan kepadamu bahwa salah satu dari dua
golongan (yang kamu hadapi) adalah untukmu, sedang kamu menginginkan bahwa yang
tidak mempunyai kekekuatan senjatalah[597] yang untukmu, dan Allah menghendaki
untuk membenarkan yang benar dengan ayat-ayat-Nya dan memusnahkan orang-orang
kafir,
8.
agar Allah menetapkan yang hak (Islam) dan membatalkan yang batil (syirik)
walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya.
9.
(ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu
diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya aku akan mendatangkan bala bantuan
kepada kamu dengan seribu Malaikat yang datang berturut-turut".
10.
dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai
kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. dan kemenangan itu
hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
11.
(ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman
daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan
kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan
untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu)[598].
12.
(ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya
aku bersama kamu, Maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah
beriman". kelak akan aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang
kafir, Maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari
mereka[599].
13.
(Ketentuan) yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya mereka menentang Allah
dan Rasul-Nya; dan Barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, Maka Sesungguhnya
Allah Amat keras siksaan-Nya.
14.
Itulah (hukum dunia yang ditimpakan atasmu), Maka rasakanlah hukuman itu.
Sesungguhnya bagi orang-orang yang kafir itu ada (lagi) azab neraka.
15.
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang
kafir yang sedang menyerangmu, Maka janganlah kamu membelakangi mereka
(mundur).
16.
Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok
untuk (sisat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain,
Maka Sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan
tempatnya ialah neraka Jahannam. dan Amat buruklah tempat kembalinya.
17.
Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah
yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi
Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan
untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang
baik. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
18.
Itulah (karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu), dan Sesungguhnya Allah
melemahkan tipu daya orang-orang yang kafir.
19.
jika kamu (orang-orang musyrikin) mencari keputusan, Maka telah datang keputusan
kepadamu; dan jika kamu berhenti[600]; Maka Itulah yang lehih baik bagimu; dan
jika kamu kembali[601], niscaya Kami kembali (pula)[602]; dan angkatan perangmu
sekali-kali tidak akan dapat menolak dari kamu sesuatu bahayapun, biarpun Dia
banyak dan Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang beriman.
20.
Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah
kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya),
21.
dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang (munafik) vang berkata
"Kami mendengarkan[603], Padahal mereka tidak mendengarkan.
22.
Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah;
orang-orang yang pekak dan tuli[604] yang tidak mengerti apa-apapun.
23.
kalau Sekiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah
menjadikan mereka dapat mendengar. dan Jikalau Allah menjadikan mereka dapat
mendengar, niscaya mereka pasti berpaling juga, sedang mereka memalingkan diri
(dari apa yang mereka dengar itu).
24.
Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila
Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu[605],
ketahuilah bahwa Sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya[606]
dan Sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.
25.
dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang
yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras
siksaan-Nya.
26.
dan ingatlah (hai Para muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi
tertindas di muka bumi (Mekah), kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik
kamu, Maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kamu
kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezeki dari yang baik-baik agar
kamu bersyukur.
27.
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul
(Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang
dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.
28.
dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan
Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.
29.
Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan
kepadamu Furqaan[607]. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu,
dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.
30.
dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya
terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu.
mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. dan Allah
Sebaik-baik pembalas tipu daya.
[593]
Maksudnya: pembagian harta rampasan itu menurut ketentuan Allah dan RasulNya.
[594]
Maksudnya: orang yang sempurna imannya.
[595]
Dimaksud dengan disebut nama Allah Ialah: menyebut sifat-sifat yang
mengagungkan dan memuliakannya.
[596]
Maksudnya: menurut Al Maraghi: Allah mengatur pembagian harta rampasan perang
dengan kebenaran, sebagaimana Allah menyuruhnya pergi dari rumah (di Madinah)
untuk berperang ke Badar dengan kebenaran pula. menurut Ath-Thabari: keluar
dari rumah dengan maksud berperang.
[597]
Maksudnya kafilah Abu Sofyan yang membawa dagangan dari Siria. sedangkan
kelompok yang datang dari Mekkah dibawah pimpinan Utbah bin Rabi'ah bersama Abu
Jahal.
[598]
Memperteguh telapak kaki disini dapat juga diartikan dengan keteguhan hati dan
keteguhan pendirian.
[599]
Maksudnya: ujung jari disini ialah anggota tangan dan kaki.
[600]
Maksudnya: berhenti dari memusuhi dan memerangi rasul.
[601]
Maksudnya: kembali memusuhi dan memerangi rasul.
[602]
Maksudnya: Allah memberi pertolongan kepada rasul.
[603]
Maksudnya: mereka mendengarkan tapi hati mengingkarinya.
[604]
Maksudnya: manusia yang paling buruk di sisi Allah ialah yang tidak mau
mendengar, menuturkan dan memahami kebenaran.
[605]
Maksudnya: menyeru kamu berperang untuk meninggikan kalimat Allah yang dapat
membinasakan musuh serta menghidupkan Islam dan muslimin. juga berarti menyeru
kamu kepada iman, petunjuk Jihad dan segala yang ada hubungannya dengan
kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
[606]
Maksudnya: Allah-lah yang menguasai hati manusia.
[607]
Artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, dapat
juga diartikan disini sebagai pertolongan.
31.
dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami, mereka berkata:
"Sesungguhnya Kami telah mendengar (ayat-ayat yang seperti ini), kalau
Kami menhendaki niscaya Kami dapat membacakan yang seperti ini, (Al Quran) ini
tidak lain hanyalah dongeng-dongengan orang-orang purbakala".
32.
dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata: "Ya Allah,
jika betul (Al Quran) ini, Dialah yang benar dari sisi Engkau, Maka hujanilah
Kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada Kami azab yang
pedih".
33.
dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara
mereka. dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta
ampun[608]
34.
kenapa Allah tidak mengazab mereka Padahal mereka menghalangi orang untuk
(mendatangi) Masjidilharam, dan mereka bukanlah orang-orang yang berhak
menguasainya? orang-orang yang berhak menguasai(nya) hanyalah orang-orang yang
bertakwa. tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
35.
sembahyang mereka di sekitar Baitullah itu, lain tidak hanyalah siulan dan
tepukan tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu.
36.
Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi
(orang) dari jalan Allah. mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi
sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. dan ke dalam Jahannamlah
orang-orang yang kafir itu dikumpulkan,
37.
supaya Allah memisahkan (golongan) yang buruk dari yang baik dan menjadikan
(golongan) yang buruk itu sebagiannya di atas sebagian yang lain, lalu
kesemuanya ditumpukkan-Nya, dan dimasukkan-Nya ke dalam neraka Jahannam. mereka
Itulah orang-orang yang merugi.
38.
Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu[609]: "Jika mereka berhenti
(dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni mereka tentang dosa-dosa
mereka yang sudah lalu; dan jika mereka kembali lagi[610] Sesungguhnya akan
Berlaku (kepada mereka) sunnah (Allah tenhadap) orang-orang dahulu ".
39.
dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah[611] dan supaya agama itu
semata-mata untuk Allah[612]. jika mereka berhenti (dari kekafiran), Maka
Sesungguhnya Allah Maha melihat apa yang mereka kerjakan.
40.
dan jika mereka berpaling, Maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia
adalah Sebaik-baik pelindung dan Sebaik-baik penolong.
41.
ketahuilah, Sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan
perang[613], Maka Sesungguhnya seperlima untuk Allah, rasul, Kerabat rasul,
anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil[614], jika kamu beriman
kepada Allah dan kepada apa[615] yang Kami turunkan kepada hamba Kami
(Muhammad) di hari Furqaan[616], Yaitu di hari bertemunya dua pasukan. dan
Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
42.
(Yaitu di hari) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka
berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada di bawah
kamu[617]. Sekiranya kamu Mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari
pertempuran), pastilah kamu tidak sependapat dalam menentukan hari pertempuran
itu, akan tetapi (Allah mempertemukan dua pasukan itu) agar Dia melakukan suatu
urusan yang mesti dilaksanakan[618], Yaitu agar orang yang binasa itu binasanya
dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan
keterangan yang nyata (pula)[619]. Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha
mengetahui,
43.
(yaitu) ketika Allah Menampakkan mereka kepadamu di dalam mimpimu (berjumlah)
sedikit. dan Sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepada kamu (berjumlah)
banyak tentu saja kamu menjadi gentar dan tentu saja kamu akan
berbantah-bantahan dalam urusan itu, akan tetapi Allah telah menyelamatkan
kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala isi hati.
44.
dan ketika Allah Menampakkan mereka kepada kamu sekalian, ketika kamu berjumpa
dengan mereka berjumlah sedikit pada penglihatan matamu dan kamu
ditampakkan-Nya berjumlah sedikit pada penglihatan mata mereka, karena Allah
hendak melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan. dan hanyalah kepada
Allahlah dikembalikan segala urusan.
45.
Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka
berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya[620] agar
kamu beruntung.
46.
dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan,
yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah.
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
47.
dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya
dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya' kepada manusia serta menghalangi
(orang) dari jalan Allah. dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan.
48.
dan ketika syaitan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka dan mengatakan:
"tidak ada seorang manusiapun yang dapat menang terhadapmu pada hari ini,
dan Sesungguhnya saya ini adalah pelindungmu". Maka tatkala kedua pasukan
itu telah dapat saling Lihat melihat (berhadapan), syaitan itu balik ke
belakang seraya berkata: "Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu,
Sesungguhnya saya dapat melihat apa yang kamu sekalian tidak dapat melihat;
Sesungguhnya saya takut kepada Allah". dan Allah sangat keras siksa-Nya.
49.
(ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di
dalam hatinya berkata: "Mereka itu (orang-orang mukmin) ditipu oleh
agamanya". (Allah berfirman): "Barangsiapa yang bertawakkal kepada
Allah, Maka Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".
50.
kalau kamu melihat ketika Para Malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir
seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): "Rasakanlah olehmu
siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa ngeri).
51.
demikian itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Sesungguhnya Allah
sekali-kali tidak Menganiaya hamba-Nya,
52.
(keadaan mereka) serupa dengan Keadaan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya serta
orang-orang yang sebelumnya. mereka mengingkari ayat-ayat Allah, Maka Allah
menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha kuat lagi Amat
keras siksaan-Nya.
53.
(siksaan) yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak
akan meubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum,
hingga kaum itu meubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri[621], dan
Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
54.
(keadaan mereka) serupa dengan Keadaan Fir'aun dan pengikut-pengikutnya serta
orang-orang yang sebelumnya. mereka mendustakan ayat-ayat Tuhannya Maka Kami
membinasakan mereka disebabkan dosa-dosanya dan Kami tenggelamkan Fir'aun dan
pengikut-pengikutnya; dan kesemuanya adalah orang-orang yang zalim.
55.
Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah
orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman.
56.
(yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil Perjanjian dari mereka, sesudah
itu mereka mengkhianati janjinya pada Setiap kalinya, dan mereka tidak takut
(akibat-akibatnya).
57.
jika kamu menemui mereka dalam peperangan, Maka cerai beraikanlah orang-orang
yang di belakang mereka dengan (menumpas) mereka, supaya mereka mengambil
pelajaran.
58.
dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan,
Maka kembalikanlah Perjanjian itu kepada mereka dengan cara yang jujur. Sesungguhnya
Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.
59.
dan janganlah orang-orang yang kafir itu mengira, bahwa mereka akan dapat lolos
(dari kekuasaan Allah). Sesungguhnya mereka tidak dapat melemahkan (Allah).
60.
dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan
dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu
menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu
tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. apa saja yang kamu nafkahkan
pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak
akan dianiaya (dirugikan).
[608]
Di antara mufassirin mengartikan yastagfiruuna dengan bertaubat dan ada pula
yang mengartikan bahwa di antara orang-orang kafir itu ada orang Muslim yang
minta ampun kepada Allah.
[609]
Ialah: Abu Sofyan dan sahabat-sahabatnya.
[610]
Maksudnya: jika mereka kafir dan kembali memerangi Nabi.
[611]
Maksudnya: gangguan-gangguan terhadap umat Islam dan agama Islam.
[612]
Maksudnya: menurut An-Nasafi dan Al-Maraghi, tegaknya agama Islam dan sirnanya
agama-agama yang batil.
[613]
Yang dimaksud dengan rampasan perang (ghanimah) adalah harta yang diperoleh
dari orang-orang kafir dengan melalui pertempuran, sedang yang diperoleh tidak
dengan pertempuran dinama fa'i. pembagian dalam ayat ini berhubungan dengan
ghanimah saja. Fa'i dibahas dalam surat al-Hasyr
[614]
Maksudnya: seperlima dari ghanimah itu dibagikan kepada: a. Allah dan RasulNya.
b. Kerabat Rasul (Banu Hasyim dan Muthalib). c. anak yatim. d. fakir miskin. e.
Ibnussabil. sedang empat-perlima dari ghanimah itu dibagikan kepada yang ikut
bertempur.
[615]
Yang dimaksud dengan apa Ialah: ayat-ayat Al-Quran, Malaikat dan pertolongan.
[616]
Furqaan Ialah: pemisah antara yang hak dan yang batil. yang dimaksud dengan
hari Al Furqaan ialah hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang
kafir, Yaitu hari bertemunya dua pasukan di peprangan Badar, pada hari Jum'at
17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. sebagian mufassirin berpendapat bahwa ayat ini
mengisyaratkan kepada hari permulaan turunnya Al Quranul Kariem pada malam 17
Ramadhan.
[617]
Maksudnya: kaum muslimin waktu itu berada di pinggir lembah yang dekat ke
Madinah, dan orang-orang kafir berada di pinggir lembah yang jauh dari Madinah.
sedang kafilah yang dipimpin oleh Abu Sofyan itu berada di tepi pantai
kira-kira 5 mil dari Badar.
[618]
Maksudnya: kemenangan kaum muslimin dan kehancuran kaum musyrikin.
[619]
Maksudnya: agar orang-orang yang tetap di dalam kekafirannya tidak mempunyai
alasan lagi untuk tetap dalam kekafiran itu, dan orang-orang yang benar
keimanannya adalah berdasarkan kepada bukti-bukti yang nyata.
[620]
Maksudnya Ialah: memperbanyak zikir dan doa.
[621]
Allah tidak mencabut nikmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada sesuatu kaum,
selama kaum itu tetap taat dan bersyukur kepada Allah.
61.
dan jika mereka condong kepada perdamaian, Maka condonglah kepadanya dan
bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha
mengetahui.
62.
dan jika mereka bermaksud menipumu, Maka Sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi
pelindungmu). Dialah yang memperkuatmu dengan pertolongan-Nya dan dengan Para
mukmin,
63.
dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)[622]. walaupun
kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak
dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati
mereka. Sesungguhnya Dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana.
64.
Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin
yang mengikutimu.
65.
Hai Nabi, Kobarkanlah semangat Para mukmin untuk berperang. jika ada dua puluh
orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus
orang musuh. dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka
akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang
kafir itu kaum yang tidak mengerti[623].
66.
sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu
ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya
mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada
seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu
orang, dengan seizin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar.
67.
tidak patut, bagi seorang Nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat melumpuhkan
musuhnya di muka bumi. kamu menghendaki harta benda duniawiyah sedangkan Allah
menghendaki (pahala) akhirat (untukmu). dan Allah Maha Perkasa lagi Maha
Bijaksana.
68.
kalau Sekiranya tidak ada ketetapan yang telah terdahulu dari Allah, niscaya
kamu ditimpa siksaan yang besar karena tebusan yang kamu ambil.
69.
Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai
makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; Sesungguhnya Allah
Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
70.
Hai Nabi, Katakanlah kepada tawanan-tawanan yang ada di tanganmu: "Jika
Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Dia akan memberikan
kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu dan Dia akan
mengampuni kamu". dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
71.
akan tetapi jika mereka (tawanan-tawanan itu) bermaksud hendak berkhianat
kepadamu, Maka Sesungguhnya mereka telah berkhianat kepada Allah sebelum ini,
lalu Allah menjadikan(mu) berkuasa terhadap mereka. dan Allah Maha mengetahui
lagi Maha Bijaksana.
72.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta
dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman
dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain
lindung-melindungi[624]. dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum
berhijrah, Maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum
mereka berhijrah. (akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam
(urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali
terhadap kaum yang telah ada Perjanjian antara kamu dengan mereka. dan Allah
Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
73.
Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian
yang lain. jika kamu (hai Para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah
diperintahkan Allah itu[625], niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan
kerusakan yang besar.
74.
dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan
orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada
orang-orang muhajirin), mereka Itulah orang-orang yang benar-benar beriman.
mereka memperoleh ampunan dan rezki (nikmat) yang mulia.
75.
dan orang-orang yang beriman sesudah itu kemudian berhijrah serta berjihad
bersamamu Maka orang-orang itu Termasuk golonganmu (juga). orang-orang yang
mempunyai hubungan Kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya
(daripada yang bukan kerabat)[626] di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah
Maha mengetahui segala sesuatu.
[622]
Penduduk Madinah yang terdiri dari suku Aus dan Khazraj selalu bermusuhan
sebelum Nabi Muhammad s.a.w hijrah ke Medinah dan mereka masuk Islam,
permusuhan itu hilang.
[623]
Maksudnya: mereka tidak mengerti bahwa perang itu haruslah untuk membela
keyakinan dan mentaati perintah Allah. mereka berperang hanya semata-mata
mempertahankan tradisi Jahiliyah dan maksud-maksud duniawiyah lainnya.
[624]
Yang dimaksud lindung melindungi Ialah: di antara muhajirin dan anshar terjalin
persaudaraan yang Amat teguh, untuk membentuk masyarakat yang baik. demikian
keteguhan dan keakraban persaudaraan mereka itu, sehingga pada pemulaan Islam
mereka waris-mewarisi seakan-akan mereka bersaudara kandung.
[625]
Yang dimaksud dengan apa yang telah diperintahkan Allah itu: keharusan adanya
persaudaraan yang teguh antara kaum muslimin.
[626]
Maksudnya: yang Jadi dasar waris mewarisi dalam Islam ialah hubungan kerabat,
bukan hubungan persaudaraan keagamaan sebagaimana yang terjadi antara muhajirin
dan anshar pada permulaan Islam.
No comments:
Post a Comment